Spanish, Portuguese, Italian, German, Russian songs? Why Not???

Udah lama nih nggak mosting blog lagi. Kali ini saya mau sharing sedikit tentang lagu lagu berbahasa Spanyol, Italia, Portugal, Jerman, dan Rusia XD.
Berawal dari saya yang bosen dengerin lagu berbahasa Indonesia dan Inggris, sekali kali pengen cari lagu yang bahasanya beda, ya itung-itung buat nambah pronunciation bahasa lain gitu walau sejujurnya ga tau seluruh arti dari lagu tersebut.


A. Spanish Songs


1. Kudai - Escapar
Browsing di internet, awalnya saya cari lagu-lagu berbahasa Spanyol dulu. Pas saya googling, saya ketemu Band namanya Kudai asalnya dari Chili. Saya liat single-singlenya di wikipedia, dan saya tertarik dengan lagu berjudul "Escapar" yg artinya melarikan diri/runaway, keliatan si ya bahasanya kayak bhs Inggris Escape : kabur, Escapar : Kabur. Hampir mirip bahasanya. Ini lagu enak didengerinnya. Easy listening. Pelafalan Bahasa Spanyolnya pun ga terlalu sulit, pokoknya recommended deh!
Ini saya kasih bagian Chorus, bahasa Spanyolnya "Coro"
Quiero escapar y despertar
Sin saber del tiempo
Quiero respirar sin nunca regresar
Y quiero vivir, quiero existir
Sentire el silencio
Ya no quiero hablar
Solo quiero encontrar un dia de paz
2. Kudai - Déjame Gritar
 Lagu kedua yang saya cari masih lagunya Kudai, tapi kali ini judulnya "Déjame Gritar". Awalnya saya pikir arti dari judul tersebut ada kata "Gitar-nya" tapi ternyata arti dari judul lagu tsb adalah Let Me Scream/Biarkan Aku Teriak. Yep, ini adalah lagu favorit saya dari band Kudai. Saya suka banget sama lagu ini karena ada bagian cepetnya, atau biasa disebut ada bagian nge-Rapnya. Tapi ya emang sih rap-nya ga secepet kayak Eminem, Mike Shinoda, atau rapper yg lain. Tapi bagian cepet dari lagu ini bener2 bisa melatih pelafalan bahasa Spanyol kita ;). Ini saya akan share "Coro" nya :D
Déjame gritar
(No hay vuelta atras)
La herida matar
(Que importa ya)
Voy a comenzar
(Quiero olvidar)
Llegar hasta el fina
3. El Canto del Loco - Será
Lagu ketiga yang saya pilih ini dari band El Canto del Loco, nah kalo band yang ini asli dari Spanyol :D. Kenapa saya pilih lagunya yang berjudul Será ini?? Soalnya saya itu kan penggemar dari salah satu pemain sepakbola dari Real Madrid C.F yaitu Álvaro Morata. Pas saya liat twitternya, si doi nge-tweet dia lagi dengerin lagu ini, hehehe :D. Karena akhir-akhir ini saya lagi seneng banget dengerin lagu-lagu berbahasa Spanyol, tanpa pikir panjang saya langsung cari lagu ini. Jadi makasih banget buat Morata yang udah ngasih tau judul lagu ini :D :D :D
Oh ya, lagu ini temponya juga agak lebih cepet daripada lagu di-atas yang saya share, cukup sulit juga ngikutin pelafalan si penyanyinya. But if we try, try, and try again, I'm sure we can sing like a spanish sing a spanish song ;)
Ini dia "Coro"nya

Será para ti un regalo por abrir,
que tendrás que cuidar para abrirme más a ti.
Y serás para mi lo mas grande hasta morir.
Te querré todo y más,
mírame yo estoy aquí.



B. Portuguese Songs


1. Michel Teló - Ai Se Eu Te Pego
Yeah sekarang kita ganti ke lagu berbahasa Portugal. Penyanyi berbahasa Portugal yang saya pilih adalah Michel Teló. si Michel Teló ini asalnya dari Brazil. Setelah saya telusuri lagunya, ternyata lagunya yang berjudul "Ai Se Eu Te Pego" adalah lagu yang paling populer di Brazil, dan juga menjadi nomor 1 di negara2 Eropa, Amerika Latin, dan Quebec. Setelah saya dengerin "Ai Se Eu Te Pego" ini, ternyata memang benar! Ini lagu enak banget, membuat kita menari-nari mengikuti iringan musiknya. Bintang sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo pun pernah lho joget-joget dengan lagu ini di tengah lapangan pas ngerayain Gol-nya, hahaha lucu deh. Dan buat yg lagi galau mending dengerin lagu ini deh, dijamin jadi ceria lagi walaupun arti dari judul tersebut adalah Oh! If I Get You!/seandainya gw ngedapetin elu! :D
Ini saya kasih bagian Chorus-nya atau dalam bahasa Spanyol-nya "Coro" (sama spt bhs Spanyol, karena bhs Portugal itu masih satu rumpun sama bahasa Spanyol)
Nossa, nossa
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego


Delícia, delícia
Assim você me mata
Ai se eu te pego
Ai ai se eu te pego

2. Michel Teló - Ei psiu! Beijo Me Liga
Masih dengan  Michel Teló. Lagu kedua yang saya donlot adalah "Ei psiu! Beijo Me Liga". Awalnya saya pilih lagu ini karena dari judulnya yang keren, dan setelah saya dengerin lagunya, ternyata emang bener! Lagunya asik! seperti lagu Ai Se Eu Te Pego, lagu ini membuat kita menari mengikuti irama musiknya juga. Sepertinya semua lagu Michel Teló membuat kita ingin menari bahagia :D.
Dan inilah "Coro"nya

Ei psiu, Beijo me liga
Eu tô curtindo a noite te encontro na saida
Ei psiu, beijo me liga, eu tô curtindo a noite te
encontro na saída

C. Italian Songs


1. Sonohra - Salvami
Sekarang kita terbang ke negara yang punya menara miring ini. Lagu-lagu Italia itu terkenal banget dengan lagu-lagu Romantisnya. Untuk Italia, penyanyi Italia yang saya pilih adalah Sonohra dengan lagunya yang berjudul "Salvami". Adapun arti dari judul lagu tersebut adalah Save Me/Selamatkan Aku. Saya suka sekali sama iringan gitar di awal-awal lagu ini. Lagu berbahasa Italia ternyata pelafalannya sedikit lebih sulit dibandingkan dengan lagu berbahasa Spanyol. Tapi belom tentu kita gak bisa ngikutin pelafalannya.
Ini saya share "Coro"nya (ternyata Chorus bahasa Italianya juga Coro")
Guardami! Sentimi! Sono qui, toccami!
Sento il freddo dell'asfalto, salvami!...
Salvami!Parlami! Ascoltami!
Sono qui, Aspettami!Pioggia e neve sulle ali, salvami!

2. Sonohra - L'amore
Lagu yang kedua yang saya pilih lagu galau juga nih. Arti dari "L'amore" adalah Love/Cinta. Awal lagu ini dibuka dengan alunan piano yang lembut. Udah langsung ketauan ni lagu galaunya gimana :D.  Nah, lagu ini cocok buat yang lagi galau :( hehehe :D. Tapi entah mengapa pas saya dengerin lagu ini kok lagunya jadi kayak lagu berbahasa Jepang, ya? Soalnya pelafalannya bener2 cas cis cusnya kayak Jepang hehe. Tapi ini lagu pure Italiano kok ;) Pokoknya Recommended banget!
Ini dia Coro-nya
Sei un viaggio che non ha ne' meta ne' destinazione
Sei la terra di mezzo dove ho lasciato il mio cuore, così
Sono solo anch'io, come vivi tu, cerco come te
L'amore....

D. German Songs


1. Silbermond - Symphonie
Ya, sekarang kita terbang ke Barat, tepatnya di Jerman. Penyanyi Jerman kali ini yang saya pilih adalah Silbermond dengan lagunya yang berjudul "Symphonie". Lagu ini cukup populer di Jerman. Saya juga sangat suka dengan lagu ini, apalagi mendengar suara sang penyanyi yang sangat halus dan enak didengar. Di dalam lagu ini terdengar suara rintik-rintik hujan lho :D Lagu ini sangat cocok untuk orang yang galau banget. Kisah dari lagu bercerita ttg kekasih yang ingin mengakhiri kisah percintaan mereka :(, So sad :(
Namun yang saya sayangkan adalah, saya cukup sulit untuk melafalkan lagu berbahasa Jerman ini. Pelafalannya lebih sulit daripada lagu berbahasa Spanyol, Portugis, dan Italia. Tapi jika dilatih lagi, kita pasti bisa mengikuti pelafalannya persis seperti penyanyinya :D
Ini dia Chorusnya, atau bahasa Jermannya "Chor"
Symphonie...
Und jetzt wird es still um uns
Denn wir stehn hier im Regen haben nichts mehr zu geben
Und es ist besser wenn du gehst
Denn es ist Zeit...
Sich ein zu gestehn dass es nicht geht
Es gibt nichts mehr zu reden denn wenn's so regnet
Ist es besser aufzugeben
2. Peter Maffay - Du
Kali ini penyanyi Jerman yang saya pilih adalah Peter Maffay. Lagunya yang berjudul "Du" ini menjadi hits terbesar di Jerman era 70-an. Lagu ini populer banget pada masa itu, tapi sekarang pun tetap enak didengar. Arti dari judul lagu tsb adalah You/Kamu. Ini lagu emang pas didenger keliatan banget nuansa-nuansa "Jadulnya" tapi ini recommended bgt!! Lagunya bercerita ttg perasaan seseorang terhadap kekasihnya, uuh so sweet :D
Langsung aja nih Chor-nya :D
Du bist alles was ich habe auf der Welt
Du bist alles was ich will
Du, du allein kannst mich versteh'n
Du, du darfst nie mehr von mir geh'n

E. Russian Song


1. Ю́лия Станисла́вовна Са́вичева - Прости за любовь (Yulia Savicheva - Prosti Za Lyubov')
Nah sekarang kita sedikit ke Timur, tepatnya Rusia. Penyanyi Russia favorit saya adalah Ю́лия Станисла́вовна (Yulia Savicheva) dengan lagunya berjudul "Прости за любовь (Prosti Za Lyubov')" yang artinya "Forgive For Love"/Maafkan Karena Mencintaimu. Ini lagu galau, dan menurut saya pelafan lagu ini lebih mudah daripada lagu berbahasa Jerman :D tapi tentunya lebih sulit dibandingkan lagu berbahasa Spanyol, Portugal, Italia. Ini lagu galau, tapi bagian reff-nya nge-Rock \m/ pokoknya recommended banget untuk didengar.
Dan ini dia Chorusnya, bahasa Rusianya Припев (Pripev).
Ты сердце моё
Прости за любовь-
Остыло...
Послушай меня,
Я просто любила...

Huruf alphabetnya :
Ty serdtse moio prosti za lyubov, ostihlo
Posluchaj menya, ya prosto lyubila
Ty serdtse moio prosti za lyubov, ostihlo
Posluchaj menya, ya prosto lyubila

Ya, itulah beberapa lagu berbahasa Spanyol, Portugal, Italia, Jerman, dan Rusia.Sebenernya masih banyak lagi lagu-lagu berbahasa Spanyol, Portugal, Italia, Jerman, dan Rusia yang enak didengar dan easy listening. Manfaat ngedengerin lagu berbahasa selain Inggris itu kita jadinya tau sedikit pelafalan dari bahasa tersebut, kita jangan nge-stuck di lagu berbahasa Inggris atau Indonesia saja, tapi cobalah buka gerbang pengetahuan kalian melalui lagu-lagu berbahasa Spanyol, Portugal, Italia, Jerman, Russia, dan bahasa-bahasa lainnya.
Next time, saya akan coba pelajari lagu-lagu berbahasa Prancis. Ditunggu saja tanggal mainnya, XD

Saya telah membuat rekomendasi tentang lagu berbahasa Spanyol, Jerman, Perancis, dan Russia (Part 2) yang lainnya silahkan mampir ke sini => Spanish, German, French, and Russian Songs. Why Not? (PART II)

Adiós!
Adeus!
Ciao!
Tschüss!
до свидания!

Comments

  1. good article :)

    ReplyDelete
  2. Thanks banget saran lagunya. Lagi coba nyari lagu2 non-inggris, ternyata enak2 juga.

    buat referensi kalo lagu prancis coba camille - le festin (ost. film ratatoille) *itu doang lagu prancis yang tau hehe semoga ngebantu.

    Sekali lagi terima kasih saran lagunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih atas sarannya! Saya lagi coba mencintai lagu bahasa perancis, karena pelafalannya saya akui cukup sulit jadi masih stuck sama lagu2 berbahasa Spanyol, Jerman, Portugis, sama Rusia hehehe.

      Delete
  3. Wah mantep nih,, bagus info nya, sangat membantu,,, Klo lagu China tentang cinta, saya ada banyak, seperti : Yi ge ren de jimo, wo ai ni, yue liang de biao, pokoknya romantis banget deh,, bisa klepek-klepek nanti. hehehe

    ReplyDelete
  4. lagu rusia sumpah bagus" mas..
    bukan cuma yulia aja.. banyak..

    ReplyDelete
  5. lagu rusia bagus" mas.. bukan cuma yulia banyak yang lain juga..
    kalo menurutku sihh lebih bagusan lagu" rusia di bandingkan yang mas tulis di atas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya bukan mas-mas nih hehe. Ya silakan rekomendasikan di sini lagu-lagu rusia yang bagus hehe :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Don't Cry Joni and Jimmy

12 Pemain Sepak Bola Terganteng Menurut Versi Saya (Tahun 2013)

Lagu Nina Bobo Terseram di Dunia